Pemasaran adalah ujung tombak dari sebuah bisnis,
termasuk juga bisnis property, sebagus apapun anda membangun sebuah proyek property,
namun tidak disertai dengan pemasaran yang baik, maka bisnis property anda akan
mengalami kendala dalam penjualan. Memasarkan properti bisa
dilakukan secara offline dan juga bisa secara online. Pemasaran offline tidak
jauh-jauh dari beriklan di media cetak, membuat marketing tools fisik baik
berupa brosur, pamflet, leaflet, baliho, spanduk dan lain. Intinya adalah
mengkomunikasikan produk produk kita kepada khalayak dengan media atau secara
langsung.
Halnya
pemasaran dengan media daring, produk dipasarkan melalui internet, baik
dipasarkan dengan melisting di portal jual beli properti atau property marketplace
sites, selain itu bisa juga dengan membuat website
khusus. Membuat website khususpun masih ada pilihan yaitu dengan membuat di
situs gratisan atau yang berbayar.
Intinya banyak sekali sumberdaya yang bisa kita
manfaatkan untuk memasarkan properti. Mari kita lihat satu-persatu caranya
1. Sebar Brosur
Jurus pemasaran perumahan dengan membuat brosur
seperti menjadi membaca kitab suci bagi umat beragama, hukumnya wajib. Brosur
merupakan media yang sangat praktis untuk mengkomunikasikan tentang produk kita
kepada konsumen. Memang ada developer yang out of the box yang tidak menggunakan brosur dalam pemasaran produknya, tapi yang
berani seperti ini tidak seberapa.
2. Bikin Spanduk, Baliho, Billboard
Setali tiga uang dengan brosur, spanduk, baliho dan
billboard juga merupakan marketing tools yang wajib bagi developer. Terasa
hambar jika perumahan yang sedang dipasarkan tanpa dilengkapi spanduk dan
kawan-kawannya. Media promosi ini berguna lebih untuk memberikan pesan kepada
masyarakat bahwa ada perumahan yang sedang dipasarkan, karena media ini
merupakan media outdoor, di tengah keramaian.
Disain spanduk dan billboard yang eye catching akan mengena di hati para pelihatnya, dan akhirnya membuat mereka
ingin tahu tantang yang diiklankan.
3. Bikin Umbul-Umbul
Setali tiga uang lagi dengan media-media promosi di
atas, umbul-umbul juga
merupakan media promosi out door. Perbedaan dengan spanduk, baliho dan billboard hanyalah
pada disain dan penempatan. Jika spanduk, baliho dan billboard bisa
berlokasi di mana saja, maka umbul-umbul ditempatkan di lokasi proyek. Kesan
yang ingin ditimbulkan dengan pemasangan umbul-umbul ini adalah suasana yang
meriah dan memberikan pesan bahwa proyek betul-betul ada dan sedang berjalan.
4. Bikin Event Pameran
Pameran bisa dibuat di lokasi keramaian seperti pasar, mall atau kantor
tertentu yang sudah ditetapkan sebagai target market.
5. Direct Selling
Merupakan penawaran langsung kepada pangsa yang
dituju. Direct selling bisa
dilakukan dengan mengundang calon konsumen dengan surat resmi bisa juga dengan
mendatangi target secara langsung dan minta ijin mempresentasikan produk kita.
Sesuai
dengan arti katanya bahwa penjualan dengan direct selling adalah
penjualan secara langsung kepada target market yang
dituju. Direct selling bisa
dilakukan dalam bentuk presentasi kepada beberapa calon konsumen, penawaran one on one atau
mengirim surat penawaran atau undangan langsung.
· Direct selling dengan presentasi
Presentasi bisa dilakukan jika Anda memasarkan kepada sekumpulan orang,
seperti anggota organisasi, pagawai suatu kantor pemerintah atau swasta, jamaah
pengajian dan lain-lain.
Sebelum presentasi diadakan tentu ada
langkah-langkah persiapan, seperti mengajukan penawaran presentasi kepada
pimpinan rombongan atau siapapun yang dapat mengumpulkan massa.
Jika target
pasar berupa pegawai bisa dilakukan dengan cara mengirimkan penawaran kepada
instansi tempat mereka bekerja. Biasanya bagian yang mengurus tentang penawaran
seperti ini adalah koperasi karyawan, tapi ngga mutlak juga
ini urusan Kopkar, sila hunting ke kantor yang jadi target.
· Direct selling dengan one on one presentation
Lain halnya dengan penawaran one on one dimana
penawaran ini dilakukan secara langsung kepada orang yang dituju. Presentasinya
tidak perlu secara formal, sambil ngobrol-ngobrolpun ok.
Misalnya
perumahan yang Anda bangun tidak jauh dari pasar, maka target pasar yang dituju
adalah para pemilik toko yang ada di pasar. Jika target pasar Anda adalah
karyawan pabrik, maka bisa juga Anda lakukan penawaran langsung ke tempat para
pekerja biasa ngumpul.
Jika lokasi perumahan Anda berada di dekat kampus,
maka Anda bisa melakukan penawaran secara langsung kepada dosen-dosen atau
kepada orang tua mahasiswa yang kuliah di kampus tersebut.
Ingin tahu bagaimana mencari orang tua mahasiswa?
Incar mereka pada saat ada acara silaturrahmi antara kampus dan orang tua
mahasiswa. Begitu juga jika lokasi perumahan ada dekat rumah sakit maka
penawaran langsung bisa Anda lakukan kepada dokter-dokter atau karyawan di
rumah sakit tersebut.
· Direct selling juga bisa dengan surat
Selanjutnya, penawaran juga bisa Anda lakukan dengan cara mengirimkan
surat penawaran kepada orang yang dituju.
Jika penawaran dilakukan dengan cara ini maka dalam
surat penawaran tersebut harus memuat informasi awal tentang perumahan Anda,
tidak perlu detil, cukup berupa brosur standar.
Surat
penawaran sebaiknya langsung tertuju kepada si calon konsumen dengan menulis
namanya secara benar, dengan demikian si penerima merasa dihargai dengan adanya personal touch tersebut.
Dengan
begitu penawaran Anda tidak seperti penawaran acak atau spam.
Siapapun tidak senang menerima pesan spam tho?.
6. Posting Saja Membabi Buta di Facebook atau Medsos Lainnya
Facebook merupakan media sosial gratisan yang
diperbolehkan kita memposting apapun dan kapanpun. Selama postingan sesuai
dengan Terms of Service (TOS)mereka ngga masalah
beriklan sepanjang hari di Facebook, tetapi dalam bentuk postingan status.
Pokoknya posting terus barang dagangan tiap hari.
Medsos lain
yang cukup efektif adalah WhatsApp yang memiliki pengguna sangat banyak di Indonesia.
Bergabunglah
di grup-grup WhatsApp bisnis atau grup apapun dan posting disitu.
Selain dengan FB dan WA, beriklan dengan memanfaatkan BlackBerry Messenger (BBM) juga
memberikan dampak yang bagus, bahkan dampaknya lebih lebih baik karena bisa
pasang status gonta-ganti tiap detik dan setiap pergantian itu akan muncul
terus di feeds-nya
teman BBM kita.
Jika ada
yang tertarik maka teman tersebut akan menanyakan yang distatuskan. Lebih
ekstrim lagi kirim pesan broadcast kepada seluruh kontak kita tiap hari.
Jika ada
yang tidak suka dan merasa terganggu dengan pesan broadcast Anda,
paling doi hanya delete contact Anda,
selain itu tidak ada kerugian kita.
7. Email Marketing
Mirip-mirip dengan beriklan di media sosial, beriklan dengan email
adalah menawarkan produk kita secara langsung melalui email. Tentu saja Anda
harus memiliki alamat email tujuan terlebih dahulu.
Bagaimana caranya agar kita mendapatkan email dari calon konsumen?
Cara yang paling mudah adalah dengan cara membuat form di buku tamu,
dimana salah satu informasi yang diminta kepada calon konsumen adalah alamat
emailnya.
Cara
selanjutnya adalah dengan cara membuat website, kemudian di website tersebut
dibuat form pengunjung
agar bersedia mengisi alamat emailnya.
Supaya pengunjung mengisikan alamat emailnya jangan
lupa berikan sesuatu yang gratis seperti ebook yang kira-kira bermanfaat buat
pembaca.
Bisa juga
rangsangan akan dikirimkan newsletter secara berkala jika mereka bersedia
mengisikan alamat emailnya.
8. Bikin Blog
Membuat blog merupakan cara efektif untuk
memasarkan produk kita. Blog bisa dibuat secara gratisan di blog platform yang
menyediakan layanan blog seperti blogdetik.com, blogspot.com, wordpress.com dan
lain-lain, bisa juga dibuat dengan Top Level Domain (TLD)yang
berbayar.
Bayarnya
berupa beli domain dan sewa hosting. Blog dengan TLD ini lebih dikenal dengan
istilah self hosted.
Dengan blog TLD ini, dampaknya luar biasa karena memberikan kesan professional ketimbang
di platform gratisan
yang terkesan murahan. Ibaratnya punya toko sendiri dibandingkan dengan numpang
di toko orang lain.
9. Datangkan Traffic ke Blog
Sebagus apapun blog kita, tetapi jika tidak ada
yang mengunjungi sama saja boong. Tujuan kita buat blog adalah supaya produk yang kita tampilkan di blog
dapat dibaca oleh orang lain. Mendatangkan traffic bisa dengan posting di Facebook, BBM, WhatsApp atau
media sosial lainnya.
Ada lagi
ilmu yang namanya Search Engine Optimization (SEO)
untuk mendatangkan trafficke blog kita. Yaitu bagaimana kita mengoptimasi
blog kita supaya berteman dengan robot Google dan
menempatkan blog kita di bagian atas atau sekurangnya halaman satu Search Engine Result Page (SERP).
Karena
kecenderungan pencari di internet, mereka akan
membuka website yang berada di posisi teratas lebih dulu, jika merasa belum
menemukan yang mereka cari maka mereka mencari lagi pada website yang tampil di
bawahnya, paling banyak hanya tiga teratas yang akan dilihat.
Jika tidak menemukan apa yang mereka cari maka
mereka akan mencari lagi dengan kata kunci berbeda.
10. Beriklan di GoogleAdwords (GA)
Jika memposting di medsos merupakan cara praktis
untuk memasarkan produk kita kepada orang yang menjadi kontak kita, maka
beriklan dengan GoogleAdwordsadalah beriklan kepada
khalayak ramai berupa pengguna internet yang sesuai dengan target pasar yang
dituju.
GA adalah
jenis iklan yang menerapkan metode pay-per-click (PPC),
bayar per-klik. Jadi kita akan ditagih simbah kalo ada
yang klik iklan kita. Anda harus menyiapkan anggaran khusus untuk beriklan di
GA.
11. Beriklan di Facebook Ads
Sama dengan beriklan di GA, beriklan di Facebook Ads merupakan salah
satu cara memasarkan produk kepada target yang dituju. Pengaturan iklan di FB
memungkinkan iklan kita hanya tampil pada orang dengan kriteria tertentu,
misalnya kriteria target market kita adalah orang yang berumur 40 tahun sampai
dengan 65 tahun.
Dengan
demikian iklan tidak tampil kepada orang yang berusia di luar yang dituju.
Anak-anak alay yang berumur belasan tahun tidak bisa melihat
iklan kita, dengan demikian iklan terhindar dari klik yang tidak perlu secara
FB Ads juga menerapkan PPC dalam program periklanannya. Karena anak alay mana
mungkin bisa rumah. Ya kan? Hehehehe.
12. Beriklan di Website Jual Beli Properti
Cara ini gampang sekali karena si pemilik website
sudah menyiapkan mekanisme untuk beriklan, termasuk syarat-syarat pelayanan.
Ada yang menerapkan membership yang berbayar ada juga dengan keanggotaan
gratis. Search saja di internet, Anda akan menemukan banyak
sekali website jual-beli properti.
13. Tinggalkan Kontak Anda
Setiap Anda beriklan tinggalkan kontak Anda sehingga peminat dapat
dengan mudah menghubungi Anda.
Jika
dieksplor lebih jauh tentu masih banyak strategi lain yang bisa diaplikasikan
karena pemasaran bersifat universal. Kita boleh menggunakan cara dan tools apapun karena pada dasarnya memasarkan adalah
mengkomunikasikan produk kita kepada calon pembeli sebanyak-banyaknya dan
setarget-targetnya.
Demikian Cara
pemasaran properti yang bisa Semoga Sukses dan Selamat mencoba!!
No comments:
Post a Comment